Cara Menjadi Dropshipper Pemula

Ingin memulai bisnis dropship? Ketahui cara menjadi dropshipper pemula berikut ini. Kami akan membantumu mengungkap tips dan teknik dalam membangun bisnis dropship. Sehingga dapat membantumu mengembangkan bisnis yang efektif dan menghasilkan.

Kami adalah supplier dropship berpengalaman sejak tahun 2019. Di Lakulo kamu akan belajar cara menjadi dropshipper step by step secara gratis. Ilmu yang kami berikan sebagian besar dapat bertahan dalam jangka panjang. Kami jamin ini adalah ilmu daging yang siap kamu praktikkan!

cara menjadi dropshipper pemula

Tidak diragukan lagi, memulai bisnis dropship adalah langkah untuk menciptakan brand sendiri. Di sini kamu dapat menjual produk kepada pelanggan dan menetapkan harga jualnya sendiri. Dengan cara ini, kamu akan lebih mudah dan cepat untuk memulainya.

Coba lihat inspirasi kisah dropshipper sukses berikut agar kamu lebih semangat!

Dropship adalah pilihan yang sempurna bagi mereka yang tidak ingin berurusan dengan segala kerumitan bisnis. Hal-hal seperti pengiriman, produksi, manajemen stok barang, dan lainnya, sudah ditanggung oleh supplier. Jadi, kamu hanya fokus pada penjualan saja.

Di tahun-tahun mendatang, bisnis dropship akan sangat populer. Terutama di kalangan milenial yang ingin memulai bisnis e-commerce dengan dana terbatas. Dengan strategi pemasaran online yang kreatif dan unik, kamu dapat membangun brand yang sukses. Dari bisnis ini pula kamu dapat menghasilkan penjualan dan pendapatan yang diinginkan.

Setiap tahun industri e-commerce terus mengalami lonjakan. Baik dari sisi penjualan, maupun jumlah pembeli. Pada tahun 2019 penjualan e-commerce berjumlah 3,5 triliun dolar di seluruh dunia. Angka ini diperkirakan akan berlipat ganda di tahun-tahun mendatang.

Jadi, jika kamu berencana untuk memulai bisnis dropship, maka kamu telah memilih opsi yang menguntungkan. Di sini kamu akan belajar cara menjadi dropshipper pemula dengan benar. Lengkap dengan berbagai tips yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis ini.

Kenali Cara Menjadi Dropshipper Pemula Dengan Praktis

Sebelumnya, Apa Itu Bisnis Dropship?

Secara sederhana, dropshipper bertindak sebagai perantara antara pembeli dan penjual. Sistem ini bertindak sebagai struktur pemenuhan ritel di mana kamu tidak menyimpan stok produk.

Sebaliknya, kamu menemukan pelanggan, menjangkau supplier untuk menyediakan dan mengirimkan produknya. Terakhir, kamu memperoleh keuntungan karena telah mencetak penjualan.

Pada dasarnya kamu menjangkau supplier. Perbedaan utama antara bisnis dropship dan bisnis ritel adalah dropshipper tidak memiliki inventaris. Itulah yang kami maksud dari menjangkau supplier.

Bisnis dropship lebih fokus untuk mendapatkan pelanggan baru. Kamu juga harus membangun loyalitas dan menjadi sumber tepercaya bagi pelanggan.

Saat ini mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan dropship. Pertanyaannya, gimana cara menjadi dropshipper pemula agar tidak langsung boncos?

Mari kita bedah rahasia membangun bisnis dropship di lingkungan yang sangat kompetitif ini.

  1. Pentingnya pemilihan niche yang sesuai dengan bisnismu.

Ini adalah cara menjadi dropshipper pemula yang paling dasar. Salah satu langkah paling awal dan paling penting dalam memulai bisnis ini.

Kamu harus memilih niche yang tepat untuk bisnis dropshipmu. Seperti yang disebutkan sebelumnya. Sekarang dropship lebih dari sekadar daftar produk di situs web.

Sebelum membuat daftar produk apapun, kamu perlu mengidentifikasi apa saja yang ingin dijual. Karena minatmu berperan besar dalam menyukseskan bisnis ini.

Tapi sayangnya bukan cuma itu. Di sini ada hal lain yang perlu kamu perhatikan. Minatmu harus berhubungan juga dengan pelanggan. Inilah kenapa kamu perlu mengidentifikasi niche dengan produk di mana orang menunjukkan minat untuk membelinya.

Niche membuatmu menjadi spesialis di bidang ini dan pelanggan menyukai itu. Mereka lebih memilih sesuatu yang spesialis dibandingkan dengan mereka yang palugada.

Pasar dropship menjadi lebih kompetitif. Meluncurkan produk yang tidak sering dibeli oleh pengguna, bisa berakhir gagal dalam mencapai hasil yang diinginkan.

Bisnis dropship menawarkan kebebasan untuk memilih niche yang kamu inginkan. Jika kamu tertarik olahraga tertentu, kamu bisa memulainya dari sana. Apabila kamu suka perawatan tubuh, kamu juga bisa memulainya dari kategori tersebut. Kamu selalu bebas memilih apa yang kamu butuhkan.

Kamu juga dapat memilih sub tertentu yang bagus. Misalnya fashion dapat dipersempit menjadi pria atau wanita saja. Produk perawatan dapat dipersempit menjadi perawatan pria atau wanita, dan masih banyak lagi.

Sekarang, lakukan analisa pasar dan bertindak sesuai dengan minatmu juga.

belajar bisnis online di lakulo

  1. Identifikasi dan analisa pesaing.

Sekarang kita masuk ke cara menjadi dropshipper pemula tahap kedua. Setelah selesai memilih niche, selanjutnya kamu harus mencari kompetitor. Carilah bisnis yang telah mendapatkan kepercayaan dan otoritas di bidangmu. Identifikasi aspek apapun pada pesaingmu untuk menghemat waktu, uang, dan upaya.

Ingat, kamu dapat membuang waktu untuk menganalisis setiap aspek dari niche dan target pasarmu. Atau, kamu mengambil jalan pintas. Caranya dengan menganalisa pesaing yang telah melakukan hal itu terlebih dahulu.

Sebuah niche dengan sedikit atau tanpa pesaing, menunjukkan bahwa produk tersebut tidak dikenal atau disukai oleh orang lain. Niche seperti ini memiliki basis pelanggan yang rendah. Memilih ceruk seperti itu tidak akan pernah bisa memberimu hasil yang diinginkan. Itu sebabnya lihatlah produk dan niche yang memiliki persaingan.

Google dapat menjadi sumber terbaik untuk mengidentifikasi pesaing. Ketik kata kunci yang berhubungan dengan niche dan produkmu. Itulah cara untuk mengidentifikasi pesaing kamu.

Setelah mengidentifikasi pesaing, selanjutnya analisis struktur bisnis mereka.

  • Apa yang mereka jual?
  • Siapa target pelanggan mereka?
  • Apa masalah yang mereka hadapi,
  • dan gali informasi lain sebanyak-banyaknya.

Kamu juga dapat membaca ulasan untuk memeriksa keluhan pelanggan tentang pesaing kamu. Setelah membacanya, tentu kamu tahu ini bukan lagi cara menjadi dropshipper pemula yang biasa-biasa saja. Di Lakulo kamu akan diajari untuk menjadi ahlinya.

  1. Temukan pemasok yang tepat untuk bisnismu.

Sebelum menjalankan bisnis dropship, selalu disarankan untuk mengidentifikasi dan membangun hubungan baik dengan supplier utama. Bagian ini sering disepelekan oleh mereka yang masih awam.

Padahal ini juga merupakan cara menjadi dropshipper pemula yang sangat penting. Tujuannya agar fungsi bisnis kamu lebih efektif dan efisien.

Memilih supplier yang salah dapat secara langsung mempengaruhi bisnis kamu. Jadi, sebelum bermitra dengan supplier, lebih baik habiskan waktu untuk mengidentifikasi latar belakang mereka.

Banyak dropshipper beroperasi dari berbagai tempat. Inilah pentingnya memiliki hubungan yang baik dengan supplier. Sehingga mereka dapat memiliki pasokan dan komunikasi yang tidak terputus.

Jika supplier tidak menawarkan komunikasi yang lancar, maka jangan terjebak dengan mereka. Terus lanjutkan pencarianmu.

Ada supplier bagus di luar sana yang memiliki produk bagus untuk dijual. Sayangnya, mereka tidak memiliki ide dan strategi yang efektif. Mereka tidak tahu cara memasarkan produk dan mendapatkan pelanggan baru.

Inilah kesempatanmu. Kamu dapat menunjukkan keahlianmu. Tunjukkan bagaimana kamu dapat membantu mereka mengembangkan bisnis dan menjangkau pelanggan lebih luas.

Sebelum bermitra dengan supplier manapun, pastikan kamu mengetahui kemampuan produksi mereka. Ada banyak bisnis dropship di luar sana yang menjadi sukses dengan dukungan dari supplier mereka.

Meskipun begitu, pastikan kamu tidak bergantung pada satu supplier. Bermitra dengan banyak vendor dapat membuat bisnismu berfungsi lebih efektif.

  1. Buat strategi pemasaran yang efektif.

Di tahap ini, sebagian besar dropshipper juga melakukan kesalahan. Mereka tidak sabar dan langsung melompat ke pembuatan toko online untuk bisnis mereka.

Sayangnya, desain toko online itu sangat bergantung pada strategi pemasarannya. Pemasaran dimulai dengan mendapatkan ide yang mendalam tentang target audiensnya. Setelah terbiasa dengan mereka, maka akan lebih mudah untuk membuat toko online yang berhubungan dengan audiens tertarget.

Strategi pemasaran adalah salah satu bagian yang akan membedakan bisnismu dari orang lain.

Luangkan waktu untuk membuat strategi pemasaran. Fokuslah pada konversi untuk bisnis dropshipmu. Untuk mendapatkan audiens baru, pertama-tama kamu perlu memahami dan mengidentifikasi bagaimana bisnismu dapat memecahkan masalah mereka.

  1. Membuat toko online untuk bisnis dropship.

Setelah mengikuti langkah di atas, selanjutnya kamu perlu fokus membuat toko online. Membuat toko online adalah langkah penting di bisnis ini. Karena inilah wadah untuk memamerkan produk-produkmu kepada pelanggan.

Di langkah cara menjadi dropshipper pemula ini, ada beberapa alternatif yang bisa kamu pilih.

Cara tercepat untuk membuat toko online adalah dengan bergabung di marketplace. Sayangnya, bergabung di marketplace sekarang sudah terlalu banyak pesaingnya. Tokomu akan mudah tenggelam di antara tumpukan produk dan toko lainnya.

Jika kamu penasaran, coba lihat cara menjadi dropshipper di marketplace yang pernah kami ajarkan sebelumnya.

Di sisi lain, membuka toko di marketplace sama saja brand tokomu akan mudah terlupakan. Pelanggan cenderung lebih mengenal platform marketplace yang mereka gunakan untuk berbelanja, daripada mengingat nama toko online kamu.

Oleh karena itu, kami sarankan untuk membuat website sendiri. Dengan website kamu akan lebih maksimal memasarkan produkmu. Pelanggan akan selalu tahu kemana mereka membeli. Dalam hal ini, mereka akan selalu ingat nama brand toko kamu.

Bagi pemula membuat website tentunya tidak mudah. Banyak hal teknis yang perlu dilakukan di baliknya. Tapi tenang saja, sekarang sudah banyak platform untuk memudahkanmu membuat toko online. Misalnya saja shopify, tokko, yukbisnis, tokotalk, dan masih banyak lagi. Dengan begini kamu bisa membuat toko online secara instan seperti di marketplace.

Kalo kamu punya waktu lebih, cobalah membuat toko online dengan wordpress, magento, opencart, dll. Platform semacam ini jauh lebih murah untuk dibuat. Tapi, kamu perlu sedikit keahlian untuk mendirikannya.

Sedangkan kalo ada budget lebih, kamu bisa menggunakan jasa pengembang dan desainer web. Pilihan manapun yang kamu ambil, semuanya bisa membuatmu berhasil.

  1. Buat rencana akuisisi pelanggan yang baik.

Memiliki situs web yang menarik adalah dasar dari bisnis apapun. Tapi keberhasilan situs web bergantung pada tingkat akuisisi pelanggan.

Ada banyak cara untuk mendapatkan pelanggan baru dalam berjualan online. Contohnya iklan, pemasaran media sosial, email marketing, whatsapp, dan banyak lagi. Itu adalah beberapa cara paling efektif yang harus kamu sertakan dalam strategi akuisisi pelanggan.

Strategi akuisisi pelanggan yang efektif akan membantu menghasilkan lebih banyak penjualan. Manfaatkan iklan berbayar untuk menyebarkan kesadaran tentang brand toko kamu. Cara ini akan membuat tokomu cepat dijangkau oleh calon pelanggan. Cara ini memungkinkan pemula bersaing dengan brand dan pengecer besar lainnya. Hebat bukan?

Ketika datang untuk menyiapkan bisnis online untuk jangka panjang, pastikan kamu mengoptimalkan situsmu untuk mesin pencari. Lakukan hal ini sedini mungkin.

Kemudian mulailah mengumpulkan email pelanggan potensial. Email memungkinkan kamu menjalankan kampanye yang mengubah pengunjung menjadi pelanggan yang membayar.

Tidak hanya itu, email juga dianggap sebagai saluran terbaik untuk mengubah pelanggan yang sudah ada menjadi pelanggan setia juga. Jadi, untuk jangka panjang SEO dan email marketing selalu menjadi metode yang paling efektif.

Bonus: Daftar Pertanyaan Yang Sering Diajukan Dropshipper

  1. Berapa biaya untuk memulai bisnis dropship?

Pada kenyataannya sulit untuk memprediksi jumlah pasti yang harus dikeluarkan. Tapi satu hal yang pasti. Merintis bisnis dropship relatif lebih rendah daripada bisnis ritel online.

Ketika memulai bisnis dropship, pastikan untuk membuat struktur bisnis yang menarik perhatian pengguna. Kemudian dorong mereka agar segera mengambil tindakan di situs web tersebut.

  1. Apakah sekarang dropship masih menguntungkan?

Tidak diragukan lagi! Dropship masih menjadi bisnis yang menggiurkan sampai tahun ini. Namun, saat ini bisnis dropship tidak hanya bergantung pada listing produk di toko kamu saja.

Semua tergantung pada upaya dan strategi pemasaranmu. Pada tahun 2019 bisnis e-commerce bernilai total 3 triliun dolar di seluruh dunia. Di tahun 2020 penjualan e-commerce mencapai 25,6 triliun dolar secara global. Sehingga selalu ada ruang untuk bisnis dropship. Bisnis yang tetap dianggap menggiurkan dan menguntungkan.

Setiap bisnis membutuhkan strategi pemasaran yang efektif, menarik, dan unik. Terutama dalam dropship. Seluruh bisnis ini bergantung pada seberapa baik pelanggan mengenal brand kamu.

  1. Apakah dropship merupakan bisnis yang sah?

Salah satu pertanyaan umum yang diajukan oleh setiap pemula baru. Sebelum menjawab, izinkan kami mengklarifikasi tindakan dropship sebagai model pemenuhan. Terutama ketika digunakan secara global oleh para retailer.

Jadi, bisnis dropship sepenuhnya legal. Namun terkadang bisnis dropship mengalami kendala. Hambatannya justru bukan karena menjalankan bisnis dropship itu sendiri, melainkan karena pihak supplier. Jadi pastikan kredibilitas supplier kamu.

Di Lakulo.com kamu bisa gabung menjadi dropshipper secara gratis. Setidaknya dengan ini kamu tahu mana supplier dropship yang bisa diandalkan.

Banyak supplier dropship di luar sana yang menetapkan biaya pendaftaran. Ada juga yang membebankan biaya bulanan, bahkan tahunan hanya untuk bergabung. Padahal, mereka sudah bisa mendapat keuntungan hanya dari penjualan.

Di sinilah kami hadir. Lakulo senantiasa berbagi tips dan teknik cara menjadi dropshipper secara gratis untukmu. Jadi, hematlah pengeluaranmu hanya untuk hal-hal yang tidak perlu.

bagaimana cara menjadi dropshipper pemula yang baik

Apakah Cara Menjadi Dropshipper Pemula Ini Layak?

Sekarang kamu mungkin sudah tahu cara memulai bisnis dropship. Di atas kami telah mencantumkan semua tips dan teknik yang dapat kamu pertimbangkan untuk memulai bisnis ini.

Tapi perlu diingat, dropship bukanlah bisnis yang bebas stres. Kamu adalah perantara antara pembeli dan penjual. Jadi kamu perlu memberi lebih banyak efek untuk menciptakan strategi pemasaran yang unik dan berdampak. Strategi yang dapat membedakan bisnismu dari orang lain.

Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengambil langkah pertama. Kamu harus membangun toko yang menarik. Manfaatkan tips dan trik yang tercantum di atas sebelum memulai bisnis dropship.

Jadilah bagian dari Lakulo.com dengan mendaftar sebagai dropshipper GRATIS! Ingat, terus praktikkan cara menjadi dropshipper pemula ini. Dengan begitu kamu akan tahu apa saja kendala yang kamu alami nantinya.

Terus belajar dan pantang menyerah adalah kuncinya.