Mengenal Dropship, Kelebihan dan Rekomendasinya

Jika kamu berpikir, menjalani bisnis membutuhkan modal yang banyak supaya bisa berkembang dengan baik.

Ini adalah saatnya kamu membuang pikiran tersebut.

Sebab, dengan segala kecanggihan teknologi yang ada di masa kini, menjalani sebuah bisnis bisa kamu lakukan dengan modal yang sangat minim.

Bahkan bisa dibilang tanpa modal sama sekali.

Contohnya saja, bisnis dropship yang sekarang sedang begitu populer dilakukan banyak orang.

Kebanyakan masyarakat menyangka bahwa, dropshipper dan reseller adalah dua hal yang sama. Yaitu sama-sama menjual kembali produk yang berasal dari orang lain.

Memang secara garis besar hal tersebut tidak salah. Tapi faktanya, ada banyak perbedaan diantara keduanya yang luput dari perhatian.

Simak penjelasan berikut, untuk mengenal perbedaan kedua bisnis ini secara lebih mendalam.

kegiatan dropship secara umum

Mengenal Perbedaan Dropshipper dan Reseller

Jika kamu belum banyak mengetahui perbedaan di antara keduanya, maka di bawah ini telah kami rangkum beberapa informasi menarik mengenai perbedaan dari reseller dan dropshipper. Yuk simak!

1. Dari Stok Barang

Perbedaan dasar antara seorang dropshipper dan juga reseller adalah dari segi stok barang yang mereka jual.

Seorang reseller harus menyetok barang dengan jumlah tertentu agar bisa menjualnya. Hal ini sudah menjadi syarat wajib yang harus kamu penuhi kepada supplier.

Pembelian barang tersebut dilakukan agar nantinya reseller bisa memperoleh harga yang kompetitif. Katakanlah lebih murah.

Sehingga, selisih harga beli dan harga jual yang akan didapatkan reseller semakin besar.

Beda lagi dengan bisnis dropship. Di sini, kamu tak perlu melakukan stok barang sama sekali.

Fokus yang kamu lakukan hanyalah mencari pembeli dan melayaninya dengan baik, agar tertarik dengan produk yang kamu promosikan.

Kemudian apabila ada orderan yang masuk, maka kamu tinggal meneruskannya kepada supplier. Supplier-lah yang akan mengirimkan barang tersebut, dengan mengatasnamakan toko kamu.

Sangat mudah, bukan?

2. Modal Yang Dikeluarkan

Seorang reseller membutuhkan modal untuk membeli barang yang harus di stok.

Namun, seorang dropshipper tidak membutuhkan hal tersebut. Seperti yang dikatakan sebelumnya, kamu tidak perlu menyetok barang.

Dengan kuota dan koneksi internet yang memadai, maka dropshipper bisa melakukan bisnis ini dengan baik. Bahkan bisa dibilang kamu tak harus mengeluarkan modal sama sekali.

3. Dari Segi Pemasaran

Untuk memasarkan produk, reseller bisa melakukannya dengan menawarkan secara langsung kepada pembeli, seperti misalnya tetangga, teman dan sebagainya. Hal itu dikarenakan mereka mempunyai stok barang yang akan dijual.

Tapi sebagai dropshipper, kamu tak bisa melakukannya, karena kamu tak punya stok barang sama sekali. Sehingga, cara ini kurang efektif buatmu.

Namun di sisi lain, kamu bisa menawarkan produk yang kamu jual lewat media sosial seperti Facebook, Instagram, atau juga lewat aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, Telegram dan semacamnya.

4. Dari Segi Risiko

Tingkat risiko seorang dropshipper sangatlah kecil. Kamu tak perlu merasa khawatir jika barang yang dipromosikan tidak laku atau tidak menarik minat pembeli.

Sebab, kamu baru akan membeli produk tersebut, hanya ketika terjadi penjualan. Sangat menguntungkan, bukan?

Hal ini tentu saja berbeda dengan yang terjadi kepada seorang reseller. Tingkat resikonya cukup tinggi, sebab mereka menyimpan stok barang.

Apabila stoknya tidak laku, maka modal yang mereka keluarkan tidak akan berbalik menjadi keuntungan.

Apa Saja Kelebihan Dropship?

Saat ini banyak masyarakat, terutama kaum perempuan yang mulai menjajal bisnis dropship.

Sebab, mereka tahu apa saja yang menjadi kelebihan dari bisnis satu ini.

Jika kamu berniat untuk memulainya, tapi kamu masih merasa ragu, maka sebaiknya ketahui dulu berbagai kelebihannya. Berikut ini penjelasan yang kamu butuhkan!

1. Sangat Fleksibel

Karena dilakukan secara online, maka menjadi dropshipper bisa kamu lakukan di mana saja dan kapan saja, bahkan di hari libur sekalipun.

Kamu cukup melayani pembeli dan meneruskan pesanan mereka kepada supplier, dengan cara mengirimkan data-data berupa produk yang diinginkan dan juga alamat si pembeli tersebut.

Asalkan koneksi internetmu lancar, maka kamu bisa melakukannya dengan mudah tanpa repot sama sekali.

2. Tidak Perlu Repot Mengurus Stok Barang

Bagi seorang dropshipper, stok barang bukanlah menjadi fokus utama. Hal itu sudah diurus dengan baik oleh supplier.

Pastinya kamu membutuhkan supplier yang benar-benar kompeten dan bisa dipercaya. Supaya bisnis dropship yang kamu jalankan bisa sukses dan berjalan dengan lancar.

3. Tanpa Repot Packing Dan Kirim Pesanan

Packing atau pengemasan terkadang menjadi hal yang paling rumit. Terutama jika produk yang kamu jual ada banyak.

Selain itu, ada biaya-biaya yang harus kamu keluarkan lagi seperti misalnya membeli kertas pembungkus, lem, lakban, kardus dan semacamnya yang berguna untuk pengemasan.

Tapi dengan menjadi dropshipper, kamu bisa melupakan hal itu dan hanya fokus menjual produk serta melayani pembeli saja.

Peluang bisnis dropship sangatlah besar di zaman yang serba praktis ini.

Terlebih lagi kamu bisa melakukannya hanya bermodalkan smartphone, kuota dan juga koneksi internet yang lancar.

Keuntungan yang diperoleh pun bisa saja besar, asalkan kamu bisa tekun dalam melakukannya. Sebab, kunci sukses dari sebuah bisnis adalah konsisten dan juga tidak gampang menyerah.

Kesempatan Bisnis Dropship di Lakulo.com

Nah, setelah mengetahui segala perbedaan antara reseller dan juga dropshipper, serta mengetahui legitnya bisnis dropship, pasti kamu gak sabar ingin segera mencobanya, bukan?

Bisnis dropship sendiri bisa dijalankan oleh siapapun. Baik itu ibu rumah tangga, anak sekolah, mahasiswa, bahkan pekerja kantoran sekali pun bisa mencobanya.

Memang, bisnis yang satu ini kerap kali dijadikan usaha sampingan, tapi jika sudah semakin berkembang, kamu bisa menjadikannya sebagai usaha utama. Namun, kamu harus mencari supplier yang benar-benar terpercaya agar bisnis tersebut tidak berantakan ya.

Salah satu rekomendasi terbaik supaya kamu bisa menjajal gurihnya peluang bisnis ini adalah dengan bergabung di Lakulo.com. Pasti kamu bertanya-tanya, apa sih Lakulo.com itu?

Lakulo.com merupakan sebuah komunitas dropship yang sudah sangat terpercaya di Indonesia.

Kamu bebas berjualan secara online dan menjadi dropshipper tanpa harus repot memikirkan modal, tempat jualan bahkan hingga proses pengemasan.

Lakulo.com telah menyediakan semua yang kamu butuhkan dan memudahkan kamu dalam memulai sebuah bisnis.

Terlebih lagi, kamu akan menemukan berbagai macam produk paling populer dan paling banyak dicari oleh masyarakat.

Untuk mendukung agar bisnismu semakin berkembang dan banyak yang melirik, nantinya juga disediakan foto-foto produk yang menarik dan original.

Bahkan tak perlu bingung, karena dengan bergabung di Lakulo.com, kamu akan dibimbing secara khusus sebagai seorang member.

Risiko kerugian yang kamu alami sebagai dropshipper di Lakulo.com sangatlah kecil, bahkan bisa dibilang tak ada sama sekali.

Berbeda halnya jika kamu mencari supplier di luaran sana yang belum tentu kompeten di bidangnya.

Di sini, kamu bisa memperoleh harga khusus yang lebih murah, supaya keuntungan yang kamu dapat juga lebih maksimal.

Selain itu, kamu juga bebas membuat nama toko dan nantinya pesanan tersebut akan dikirimkan atas nama toko kamu. Simpel, mudah dan juga praktis bukan?

Dengan bergabung di Lakulo.com, omzet yang kamu targetkan juga bisa lebih dimaksimalkan lagi. Sehingga membuka kemungkinan untuk kamu meraih kesuksesan di kemudian hari.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!