Menjadi Dropshipper Di Shopee

Gabung menjadi dropshipper di shopee dengan bermitra bersama Lakulo. Kami adalah supplier dropship terbaik di Indonesia. Kamu tidak perlu membayar hanya untuk menjadi dropshipper. Cukup buat akun dan kamu sudah otomatis menjadi member dropship kami.

menjadi dropshipper di shopee

Setiap minggunya juga akan ada tips dan trik dropship gratis untuk menambah skillmu. Sehingga jalanmu menjadi dropshipper sukses akan semakin mudah.

Kepopuleran bisnis dropship setiap hari semakin meningkat. Tercatat lebih dari $85 miliar penjualan berasal dari dropship setiap tahunnya. Hal ini membuktikan bahwa potensi dalam bisnis ini begitu besar.

Sebagai gambaran, Intel memperoleh pendapatan $79 miliar di tahun 2018.

Model bisnis dropship sendiri sangat sederhana. Kamu hanya perlu memasarkan produk secara online. Kamu bahkan tidak memerlukan stok barang. Ketika pelanggan membayar salah satu produkmu, supplierlah yang akan mengurus pesanannya.

Mulai dari mengemas hingga mengirim produk, semuanya dilakukan oleh supplier untukmu. Di situlah letak daya tarik dropshipping. Kamu tidak perlu mengelola stok. Kamu tidak menangani pengiriman. Yang harus kamu lakukan hanya memasarkan produk dan menghasilkan uang.

Meski begitu, margin yang diperoleh melalui dropship biasanya lebih rendah daripada penjualan konvensional. Namun, hal ini wajar mengingat kamu tidak perlu repot membangun bisnis dengan modal besar.

Tapi, jangan khawatir. Dalam posting ini, kami akan menunjukkan 4 hal yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan pendapatan dropshipmu.

Trik Menjadi Dropshipper Di Shopee

LAKUKAN RISET PRODUK

Langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam menjadi dropshipper di shopee adalah mencari inspirasi. Hal ini bisa kamu dapatkan dari pengalaman pribadimu. Lebih mudah untuk memeriksa dan menjual produk yang memiliki pengalaman pribadi denganmu.

Dengan cara ini, kamu dapat menganalisa kualitasnya. Sehingga kamu bisa menentukan produk yang tepat untuk dijual. Di samping itu, kamu juga memiliki keunggulan kompetitif. Itu karena kamu dapat menjelaskan produk dengan lebih baik. Semua berkat pengalamanmu memanfaatkannya secara langsung.

Kedua, ketika telah mengunci kategori produk tertentu, sekarang saatnya untuk mencari tahu produk yang sedang tren. Untuk mulai menjadi dropshipper di shopee kamu perlu beberapa alat berikut:

  • Google Trends
  • Produk terlaris di Shopee
  • Produk terlaris Tokopedia
  • Produk populer di media sosial

Gunakan fasilitas pencarian di atas. Ketika kamu menemukan produk yang menarik dan memiliki permintaan yang cukup besar, selanjutnya lakukan analisis pesaing atas produk tersebut.

Dengan begitu, kamu akan mendapatkan kisaran harga untuk produk pilihanmu. Kemudian kamu akan tahu berapa banyak yang dibebankan supplier untuk produk tersebut.

Cobalah untuk menemukan produk yang memberi kamu margin yang cukup pada setiap penjualannya. Misalnya, jika kamu melihat gamis wanita di Lakulo.com seharga Rp125.000. Kemudian menjualnya seharga Rp199.000.

Itu artinya kamu telah menghasilkan keuntungan Rp74.000 untuk setiap penjualannya. Produk semacam itu akan membantu kamu menciptakan margin yang tinggi. Sehingga pendapatanmu akan lebih besar.

Apakah ini mungkin?

Jawabannya, tentu saja mungkin. Produk fashion seperti gamis wanita pasarnya begitu luas. Model dan kualitas yang dihasilkan setiap supplier pun berbeda-beda.

Kebanyakan yang menjual dengan harga terlalu murah di Shopee, kualitasnya bisa dipastikan tidak sesuai dengan gambarnya. Itu karena mereka asal mengambil gambar dari internet dan mereplikanya. Bahkan, hasil replikanya pun berbeda dari aslinya.

Sedangkan di Lakulo, foto produk dan spesifikasinya sama dengan aslinya. Kalo kamu ragu, kami tantang kamu untuk membuktikannya sendiri. Cukup beli satu sampel dan lihat apakah semuanya sama dengan foto dan deskripsinya.

Dengan begitu kamu akan puas karena produk yang kami hasilkan asli. Karena Lakulo adalah supplier dropship terpercaya yang bisa kamu andalkan.

TETAPKAN HARGA YANG TEPAT

Menjadi dropshipper di shopee itu menggiurkan. Meskipun begitu, perlu analisa yang baik untuk dapat menetapkan harga produk yang sesuai. Ada beberapa parameter yang dapat kamu lihat dalam menetapkan harga. Mari kita lihat 3 metode penetapan harga produk yang paling umum:

  • Penetapan harga berbasis biaya,
  • Penetapan harga berbasis persaingan,
  • Penetapan harga berbasis nilai.

Penetapan harga berbasis biaya dapat digunakan saat kamu menghitung biaya penjualan. Caranya dengan menentukan harga perolehan produk ditambah mark up yang kamu kehendaki.

Misalnya, harga produk yang kamu jual senilai Rp60.000. Kemudian mark up harga yang kamu tentukan ialah 50%. Dengan begini, kamu dapat menjualnya dengan harga Rp90.000.

Penetapan harga berbasis biaya memberimu keuntungan dari sisi risiko yang lebih rendah. Terutama jika terjadi perubahan harga dari supplier secara tiba-tiba.

Masalah dengan penetapan harga berbasis biaya adalah kamu melihat biaya daripada nilai produk yang kamu jual. Menambahkan markup berisiko membuat produkmu terlalu mahal. Kita tidak pernah yakin apakah produk yang dijual sudah sesuai dengan nilainya.

Di sisi lain, kita juga dapat menetapkan harga berbasis persaingan. Cara penetapan harga berbasis persaingan cukup sederhana. Kamu hanya perlu melihat harga produk yang sama yang dijual pesaing. Kemudian kamu tinggal menetapkan harga sedikit lebih murah dari mereka.

Masalah terbesar dari penetapan harga berbasis persaingan adalah jika kamu menjual dengan harga yang sama. Pelanggan memiliki sedikit alasan untuk membeli dari kamu daripada pesaingmu.

Faktor reputasi dan harga belimu menjadi penentunya. Toko dengan reputasi yang jauh lebih baik, biasanya lebih dipilih pelanggan. Meskipun harganya sedikit lebih mahal darimu.

Dari sisi harga beli, kemungkinan marginmu akan sangat tipis. Di kasus lainnya, mungkin harga dari kompetitor adalah harga belimu, mengingat kamu adalah dropshipper.

Terakhir, ada penetapan harga berbasis nilai. Penetapan harga ini membantumu memanfaatkan nilai sebenarnya dari produk yang kamu jual. Cara ini kemungkinan dapat memberimu keuntungan tertinggi.

Penetapan harga berbasis nilai didasarkan pada seberapa banyak target konsumen percaya dengan nilai produkmu. Cara ini dilakukan dengan menggunakan riset pelanggan dan memahami nilai ekonomis produk yang kamu jual.

Jadi, metode penetapan harga mana yang harus kamu gunakan untuk bisnis dropshipmu? Menurut kami, tergantung pada ukuran dan kompleksitas bisnismu.

Jika kamu melakukan dropship sebagai pekerjaan sampingan, kamu mungkin akan memilih penetapan harga berbasis biaya.

Jika kamu serius dengan dropship atau baru memulainya atau tidak memiliki data pelanggan yang cukup, sebaiknya gunakan penetapan harga berbasis persaingan.

Jika kamu sudah lama berkecimpung dalam permainan dan memiliki informasi tentang pelanggan, pilihan terbaik adalah melakukan penelitian terlebih dahulu. Temukan nilai sebenarnya dari produk yang kamu jual. Gunakan penetapan harga berbasis nilai.

AMANKAN SUPPLIER DAN PASOKAN PRODUK

Tidak mudah menemukan supplier di awal. Pada kenyataannya, 84% penjual online menghadapi hambatan besar dalam menemukan supplier dropship yang berkualitas.

Meskipun kamu menemukan supplier yang berkualitas, kamu harus selalu memiliki supplier cadangan yang dapat kamu andalkan. Hal ini untuk mengantisipasi jika pasokan utama kamu bermasalah atau kamu berada di pasar yang bergejolak saat ini.

Pelanggan online memiliki ambang batas kesalahan yang rendah. Sehingga keterlambatan dalam menerima pesanan atau kenaikan harga, dapat menjadi faktor penentu mereka untuk pindah ke penjual lain.

Jika kamu mendapatkan produk dari importir, mungkin penting bagimu untuk memiliki supplier cadangan. Terlebih lagi mengingat perang dagang sedang berlangsung.

Memiliki supplier cadangan cukup bermanfaat. Apabila supplier utamamu kehabisan stok, kamu masih dapat memenuhi pesanan pelanggan dan membuat mereka puas. Hal ini juga membantumu mengurangi risiko kerentanan rantai pasokan.

Jadi, dengan supplier cadangan kamu dapat memastikan semuanya tetap berjalan. Kamu tidak kehilangan potensi pendapatan jika mengalami masalah dengan supplier utama.

strategi marketing untuk merintis bisnis dropship yang sukses

MENINGKATKAN TRAFFIC KE TOKO ONLINE

Semakin tinggi jumlah pengunjung tokomu, semakin besar peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kamu dapat meningkatkan lalu lintas ke situs web kamu. Coba gunakan teknik berikut ini:

Instagram Marketing

Buatlah akun Instagram untuk tokomu. Kemudian buat konten untuk mengekspos produk dan tokomu ke pelanggan baru. Pastikan untuk menambahkan hashtag (#) yang relevan pada postingan kamu. Hashtag akan muncul di halaman pencarian yang dipilih target pelanggan kamu.

Misalnya, jika kamu menjual lampu led tumblr. Kamu dapat menambahkan hashtag seperti #lampuled #tumblr #tumblrmurah.

Saat follower Instagram kamu bertambah, kamu akan memiliki audiens panas. Audiens yang memenuhi syarat dan dapat langsung kamu informasikan produk dan promo terbaru tokomu. Sehingga meningkatkan penjualanmu.

Cara pemasaran seperti ini biasanya gratis. Dalam jangka panjang akan menghemat biaya iklan tokomu.

Kamu juga dapat memilih untuk menjalankan iklan di Instagram. Di sana kamu bisa menambahkan tautan checkout ke produk yang sedang diiklankan. Dengan cara ini, calon pelanggan dapat langsung berbelanja dengan lebih cepat.

Email Marketing

Email marketing masih sangat jarang digunakan di Indonesia. Namun, percaya atau tidak, cara ini mampu meningkatkan visibilitas brand toko kamu. Semakin sering pelanggan mendapat email atas toko dan produkmu, semakin familiar mereka denganmu.

Cara ini dapat dengan cepat menginformasikan dan mengarahkan basis pelangganmu untuk mengunjungi toko dropshipmu. Tentu saja, dengan cara ini, jarang ada yang terganggu dengan setiap kegiatan pemasaran yang kamu lakukan.

Buat Blog

Saat menjadi dropshipper di shopee apakah perlu membuat blog juga di tempat lain? Membuat dan menjalankan blog mungkin merupakan taruhan terbaik. Cara ini dapat memberikan keuntungan jangka panjang.

Sebuah blog menawarkan beberapa keuntungan:

  • Kamu dapat menambah nilai bagi pelanggan dengan menulis tentang produkmu. Kamu juga bisa membagikan tips terkait produk yang bermanfaat.
  • Kamu dapat mulai memberi peringkat di Google untuk kata kunci yang relevan dengan bisnis dropshipmu. Sehingga menarik lalu lintas yang memenuhi syarat ke situs web kamu.
  • Kamu dapat meningkatkan kesadaran brand dengan memposting blog secara teratur.

Semakin banyak nilai yang diberikan blogmu kepada pengunjung, semakin tinggi kemungkinan mereka kembali ke situs web kamu.

Kelemahan dari cara ini ialah sulitnya untuk mendapat peringkat persaingan kata kunci terbaik. Sehingga banyak orang melewatkannya. Padahal potensi penjualannya dalam jangka panjang sangatlah baik.

CIPTAKAN NILAI UNTUK PELANGGAN

Kamu akan terkejut betapa seringnya orang terjebak dalam hal-hal sekunder. Mereka melupakan cara menjadi dropshipper shopee yang paling penting, yaitu menciptakan nilai.

Ambil beberapa langkah yang mudah dijalankan dan ciptakan nilai bagi pelanggan. Misalnya seperti:

  • Menawarkan kupon
  • Menawarkan pengiriman gratis/cepat
  • Membuat program loyalitas (memberi pelanggan alasan untuk kembali ke tokomu)
  • Membuat penawaran dengan waktu terbatas
  • Mempromosikan penawaran musiman
  • Memberikan diskon di hari ulang tahun
  • Produk bundling
  • Memberikan tips bermanfaat melalui blog dan email

Melakukan hal-hal ini dapat membuat tokomu diperhatikan oleh pelanggan. Karena itu menunjukkan betapa kamu peduli dengan mereka. Cara ini tidak hanya akan meningkatkan penjualan. Tapi juga akan membangun loyalitas pelanggan.

cara menjadi dropshipper di shopee

Cara Menjadi Dropshipper Di Shopee

Kami tidak mengatakan menjadi dropshipper di shopee itu mudah. Tapi kamu harus tahu cara menjadi dropshipper yang paling dasar. Sehingga tidak berakhir broncos di awal. Pastikan hal-hal ini telah kamu lakukan sebelumnya:

  • Teliti dan jual produk dropship yang paling menguntungkan.
  • Temukan metode penetapan harga yang tepat. Lalu realisasikan keuntungan yang sebenarnya.
  • Pastikan memiliki rantai pasokan cadangan yang bisa kamu andalkan.
  • Tingkatkan lalu lintas melalui media sosial, email marketing, dan blog untuk menarik audiens yang relevan.
  • Ciptakan nilai bagi pelanggan. Caranya dengan menawarkan berbagai insentif saat berbelanja padamu.

Dengan menggunakan teknik ini, kamu akan siap untuk menjadi pro dropship dan menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi.

Apakah kamu memiliki bisnis dropship? Beri tahu kami apa yang kamu lakukan untuk meningkatkan pendapatanmu. Menjadi dropshipper di shopee dengan bermitra bersama Lakulo.com adalah solusi yang baik.

Kamu tidak perlu membayar untuk menjadi member dropship kami. Tim Lakulo justru akan terus memberimu tips dan trik dropship secara gratis. Gabung sekarang juga!